fbpx

Rekomendasi Tempat Tes TOEFL di Jogjakarta

Rekomendasi Tempat Tes TOEFL di Jogja

jogja.titiknolenglish.com (Rekomendasi Tempat Tes TOEFL di Jogjakarta) – Sebagai bahasa internasional kemampuan bahasa Inggris saat ini menjadi salah satu kemampuan yang disyaratkan terutama di dunia akademis bahkan hingga dunia profesional. Saat ini banyak universitas maupun perguruan tinggi yang telah mewajibkan para mahasiswanya agar memiliki kompetensi Bahasa asing, terutama bahasa Inggris. Hal tersebut tidak lain untuk menjawab budaya kerja yang hari ini juga sering kali mensyaratkan kecakapan dalam berbahasa Inggris sebagai salah satu syarat guna dapat diterima kerja di organisasi atau perusahaan tersebut. Oleh karenanya memiliki kecakapan berbahasa Inggris merupakan suatu keharusan yang perlu dimiliki oleh semua orang, terlebih kemampuan bahasa Inggris dengan penilaian yang dapat diterima secara internasional. Pengupayaan hal-hak semacam itu dapat diraih dengan mengikuti berbagai kursus dan menjalani tes kemampuan bahasa Inggris. Salah satu tes tersebut yaitu tes TOEFL. Berikut mengenai rekomendasi tempat tes TOEFL di Jogjakarta, baca sampai habis!

Mengenal apa itu Tes TOEFL

TOEFL merupakan salah satu tes akan kompetensi bahasa Inggris yang dapat digunakan sebagai alat merepresentasikan kemampuan seseorang dalam berbahasa Inggris. TOEFL terbagi kedalam dua jenis, yaitu: TOEFL Internet Based Test (iBT) dan TOEFL Paper Based Test (PBT). Kedua jenis TOEFL tersebut memiliki fungsi dan format soal yang cukup berbeda. TOEFL iBT seringkali digunakan untuk persiapan para siswa yang ingin mendaftarkan diri kuliah melalui program beasisawa maupun non beasiswa ke luar negeri, seperti Amerika Serikat, Australia, Eropa, Inggris, Jerman dan lain sebagainya. Sedangkan penggunaan TOEFL PBT lebih kepada kebutuhan study dan karir di dalam negeri. Sesuai dengan Namanya, pengerjaan soal TOEFL iBT mengunakan media computer, sedangkan jenis TOEFL PBT hanya cukup mengerjakan tes TOEFL melalui kertas saja (Paper Based Test).

Perbedaan TOEFL iBT dan PBT

TOEFL PBT hanya mencakup beberapa jenis skill, yaitu: skill Listening, skill Structure, skill Written, dan Reading skill, sedangkan untuk jenis TOEFL iBT memiliki empat jenis skill yang harus kalian kuasai apabila menginginkan hasil yang memuaskan, apa saja keempat jenis skill tersebut, yaitu: Listening, Reading, Speaking dan Writing. Perbedaan ini mengakibatkan banyak pendapat bola salju liar yang diamini oleh orang-orang awam diluar sana, bahwasanya TOEFL iBT lebih sulit karena beberapa jenis soal bercampur dengan skill lainnya. Contohnya, terdapat integrated listening, integrated essay writing, dan integrated speaking. Sedangkan dalam jenis TOEFL PBT tesnya cenderung lebih mudah, karena tes bahasa Inggrisnya terpisah, lebih lagi tidak ada sesi speaking (berbicara) dan writing (menulis esai) yang seringkali jadi momok yang dikhawatirkan banyak orang.

Terlebih lagi mengenai segi biaya, tes TOEFL PBT bisa dikategorikan lebih murah apabila dibandingkan dengan tes bahasa Inggris bersertifikat lainnya, seperti: tes TOEFL iBT dan tes IELTS. Harga umum mengenai tes TOEFL berkisar di harga 500 hingga 800 ribu rupiah, kurang dari satu juta rupiah. Mengenai pakem harga tes TOEFL akan berbeda-beda tergantung tempat dan pihak penyelengara tes TOEFL.

Semenjak pandemi COVID-19 tahun 2020 ETS singaktan dari (Educational Testing Service) merupakan Layanan Pengujian Pendidikan yang didirikan pada tahun 1947, adalah organisasi pengujian dan penilaian pendidikan nirlaba swasta terbesar di dunia. Berkantor pusat di Lawrence Township, New Jersey, mengembangkan TOEFL ITP versi digital. Sehingga tes TOEFL dapat dilaksanakan secara online dari rumah. System tes TOEFL baru ini dikenal dengan TOEFL ITP Online Remote Proctoring. Maka tes TOEFL ITP hari ini terbagi menjadi versi PBT dan Digital. Selama pandemic covid-19 berlangsung tes TOEFL ITP hanya dilaksanakan secara online dengan system tes digital.

Jadi TNers! Sebelum kalian memutuskan untuk mengikuti tes TOEFL, kalian bisa terlebih dulu mencari tahu dimana saja rekomendasi tempat-tempat yang bisa kalian gunakan untuk mengikuti tes bahasa Inggris dengan standar internasional tersebut. Nah buat kalian yang saat ini berdomisili di kota pelajar Jogjakarta, Tangerang dan sekitarnya. kalian tidak perlu khawatir karena pada kesempatan kali ini Minol akan kasih rekomendasi tempat tes TOEFL di Jogja.

Rekomendasi Tempat Tes TOEFL di Jogjakarta

Universitas Gadjah Mada

Alamat : Bulaksumur, Caturtunggal, Kec. Depok, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta 55281

Tempat : Devisi pelatihan P2EB FEB UGM, Pertamina Tower Lantai 2

Jenis tes : TOEFL ITP (PBT)

Biaya : $ 42 (harga disesuaikan dengan kurs)

Universitas Negeri Yogyakarta

Alamat : Jl. Colombo Yogyakarta No.1, Karang Malang, Caturtunggal, Kec. Depok, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta 55281

Tempat : Gedung LPPMP UNY Lantai 2 Sayap Timur

Jenis tes : TOEFL ITP (PBT)

Biaya : Rp. 550.000

Universitas Islam Indonesia

Alamat : Jl. Demangan Baru No.24, Mrican, Caturtunggal, Kec. Depok, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta 55281

Tempat : Lab Bahasa Cilacas UII, Kampus UII Demangan lantai 1

Jenis tes : TOEFL ITP (PBT)

Biaya : Rp. 580.000

Universitas Sanata Dharma

Alamat : Jl. Affandi, Mrican, Caturtunggal, Kec. Depok, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta 55281

Jenis tes : TOEFL ITP (PBT)

Biaya : Rp. 590.000

Universitas Muhammadiyah Yogyakarta

Alamat : Jl. Brawijaya, Geblagan, Tamantirto, Kec. Kasihan, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta 55183

Tempat : Language Training Centre UMY

Jenis tes : TOEFL ITP (PBT)

Biaya : Rp. 550.000

ELTI Gramedia Sabirin

Alamat : Jl. Sabirin No.6, Kotabaru, Kec. Gondokusuman, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55224

Jenis tes : TOEFL ITP (PBT)

Biaya : Rp. 550.000

EF

Alamat : YAP Square Ruko A8-9 B9, Jl. Simanjuntak, Teban, Gondokusuman, Kota Yogyakarta

Biaya : Rp. 600.000

Nah, jadi gimana TNers! Jogja sekarang kalian jadi tau kan dimana tempat-tempat yang bisa kalian kunjungi untuk mengikuti tes TOEFL. Untuk kalian yang ingin lebih percaya diri berbicara bahasa Inggris, kalian bisa mendaftarkan diri ke Bright English Kampung Inggris. Disana kalian akan dapat materi mengenai grammar, speaking, reading, writing dan masih banyak lagi metode belajar bahasa Inggris terbaik dan paling seru untuk lebih percaya diri dalam belajar bahasa inggris. Kalian tidak perlu khawatir apabila kalian tidak bisa bahasa Inggris sama sekali, kalian bisa ambil kelas bahasa Inggris sesuai level yang kalian miliki. Untuk kalian yang sedang mempersiapkan tes TOEFL dan IELTS atau sama sekali belum mengenal mengenai tentang kedua tes bertaraf internasional tersebut, kalian bisa langsung daftarkan diri ke Titik Nol English Course. Titik Nol English Course merupakan salah satu lembaga kursus terbaik yang memiliki spesialisasi bidang TOEFL dan IELTS. Titik Nol English Course memiliki program TOEFL dan IELTS Preparation dan TOELF, IELTS Skoring yang bisa kamu ikuti secara offline maupun online. Dengan harga yang terjangkau dengan fasilitas dan bonus menarik. Jadi, tunggu apa lagi. persiapkan TOEFL dan IELTS-mu di Titik Nol English Course sekarang juga!

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

×