fbpx

30 Istilah Bahasa Inggris di Dunia Kerja yang Wajib Dihafal Karyawan Baru

Istilah Bahasa Inggris di Dunia Kerja

jogja.titiknolenglish.com – Halo fresh graduate, fase hidup paling membingungkan adalah setelah lulus sekolah atau lulus kuliah. Pada masa ini adalah fase transisi dari mahasiswa yang hahahihi menjadi pribadi yang mulai harus bertanggung jawab akan dirinya sendiri. Dunia kerja memiliki culture yang pasti sangat jauh berbeda apabila dibandingkan dengan pada masa sekolah atau kuliah. Agar dapat bersaing di kehidupan nyata, kamu harus memiliki keahlian dan kemampuan yang dapat dikomersilkan agar kamu dapat dihargai dengan nominal yang sepantasnya.

Salah satu keahlian dasar yang harus dikuasai untuk menghadapi dunia kerja adalah kemampuan berkomunikasi. Sejalan dengan pesatnya perkembangan globalisasi, saat ini bahasa Inggris merupakan salah satu kemampuan yang sangat diperhitungkan dalam dunia kerja. Ada banyak sekali istilah bahasa Inggris di dunia kerja yang wajib dihafal agar komunikasi di kantor dapat berjalan lancar. Mau tahu apa saja istilah-istilahnya, yuk simak artikel berikut hingga akhir.

30 Istilah Bahasa Inggris di Dunia Kerja

1. Internship – Magang

Untuk kamu yang beru lulus dan belum memiliki pengalaman kerja sama sekali. Internship merupakan salah satu jembatan untuk kamu bisa berlatih bekerja dengan cara langsung terjun ke perusahaan selama beberapa minggu atau bulan. Memiliki pengalaman kerja dapat membuatmu lebih diperhitungkan dalam mencari pekerjaan.

2. Probation – Masa Percobaan

Probation atau masa percobaan adalah periode kerja yang ditentukan dalam kurun waktu tertentu oleh perusahaan (biasanya 3 – 6 bulan) untuk memastikan bahwasanya karyawan pantas dipertahankan menjadi karyawan tetap.

3. Onboarding – Orientasi

Hampir sama dengan probation, onboarding merupakan istilah bahasa Inggris di dunia kerja yang cukup lazim digunakan di beberapa perusahaan ketika terdapat pegawai baru. Karyawan baru tersebut akan memperoleh pembinaan dari tim human resource agar dapat menyesuaikan diri di tempat kerja barunya.

4. Overtime – Lembur

Overtime merupakan istilah yang digunakan untuk penambahan jam kerja dari waktu normal yang sudah ditentukan. Overtime biasanya dilakukan karena mengejar deadline yang sudah sangat mepet dan harus segera diselesaikan. Tidak usah khawatir, biasanya akan ada uang tambahan apabila kamu kerja lembur kok.

5. Worklflow – Alur Kerja

Meskipun bekerja dibidang yang sama akan tetapi tiap kantor atau tempat kerja pasti memiliki “workflow – alur kerja” yang berbeda-beda untuk menyelesaikan tugas kerjanya. Workflow digunakan sebagai urutan pengerjaan yang dijalankan setiap hari. Misalnya, kamu bekerja sebagai SEO content writer yang bertugas membuat konten yang relevan, informatif dan menarik. Workflow yang kamu harus lakukan adalah riset, drafting, finishing, lalu publish.

6. Key Performance Indek (KPI)

KPI merupakan indikator yang digunakan untuk menilai atau mengevaluasi kinerja karyawan dalam perusahaan. KPI juga digunakan untuk mengukur kinerja perusahaan secara keseluruhan dalam jangka panjang.

7. Conference Call - Panggilan Konferensi

Conference call merupakan istilah bahasa Inggris di dunia kerja yang sering disingkat menjadi concall. Merupakan istilah yang digunakan untuk mendiskusikan hal-hal yang berkaitan dengan pekerjaan. Concall biasanya dilakukan oleh beberapa karyawan yang berkepentingan saja melalui media seperti telepon.

8. Townhall – Meeting

Maknanya hampir sama dengan conference call merupakan istilah yang digunakan dalam dunia kerja untuk membahas informasi-informasi terbaru terkait pekerjaan. Townhall diadakan untuk semua pegawai dan dilakukan dalam skala besar.

9. Pitching – Menyampaikan Ide

Ketika rapat diadakan dan ada salah seorang karyawan menyampaikan ide yang berkaitan dengan proyek, hal itu disebut sebagai pitching. Pitching dilakukan untuk meyakinkan atasan agar mendengarkan gagasan dan merealisasikannya untuk kemajuan perusahaan.

10. Annual Leave – Cuti Tahunan

Annual leave merupakan istilah di dunia kerja yang digunakan untuk menyebutkan hak cuti tahunan karyawan. Kebijakan annual leave tergantung oleh masing-masing perusahaan apakah cuti berbayar (paid leave) dan cuti tidak berbayar (unpaid leave). Cuti lain: maternity leave (cuti hamil), sick leave (cuti sakit).

11. Monthly Report – Laporan Bulanan

Monthly report merupakan laporan rutin bulanan yang dilakukan oleh masing-masing tim kepada manager perusahaan sebagai pertanggung jawaban atas apa yang dikerjakannya selama satu bulan.

12. Brief Deck

Brief deck merupakan penjelasan singkat yang biasanya di muat di power point ataupun spreadsheet untuk memberikan informasi sederhana atau gambaran terkait rencana kerja atau tugas yang harus diselesaikan.

13. Follow Up

Follow up merupakan istilah di dunia kerja ataupun bisnis untuk menanyakan atau memberi informasi lanjutkan mengenai proyek yang sedang dikerjakan. Follow up juga dapat digunakan untuk memastikan apakah pekerjaan sudah berjalan dengan sesuai atau belum.

14. Timeline – Linimasa

Timeline dapat diartikan sebagai perkiraan waktu yang dibutuhkan oleh pegawai untuk menyelesaikan proyek tertentu. Timeline dibuat berdasarkan plan yang telah disepakati.

15. Deadline – Batas Waktu

Setelah timeline ditentukan biasanya juga akan menentukan deadline, yaitu batas waktu atau tenggang waktu suatu proyek harus diselesaikan agar bisa selesai tepat waktu.

16. Niche – Spesialisasi Produk

Untuk kamu yang bekerja di industri digital marketing pasti sering mendengar istilah niche. Niche adalah istilah yang digunakan untuk menemukan spesialisasi dari sebuah produk atau merek.

17. Brainstorm

Brainstorm juga merupakan istilah bahasa Inggris di dunia kerja yang cukup sering digunakan oleh mereka yang bergerak pada industri kreatif. Brainstorm berarti mencurahkan seluruh gagasan atau proses kreatif untuk menemukan ide, menyelesaikan masalah secara cepat.

18. Benchmarking – Perbandingan

Benchmarking merupakan istilah yang digunakan untuk membandingkan dan mengevaluasi kinerja perusahaan tempatmu bekerja dengan perusahaan lain yang bergerak di bidang yang sama, untuk memetakan peluang yang dirasa dapat memajukan perusahaan.

19. Job Desc – Deskripsi Pekerjaan

Job desc merupakan singkatan dari job description yang berarti tugas atau tanggung jawab sorang pegawai sesuai dengan apa yang harus ia kerjakan. Di luar sana sering sekali terjadi salah penulisan istilah ini dengan job desk!

20. Family Gathering – Pertemuan keluarga

Meskipun terdapat kata family, akan tetapi family gathering merupakan istilah di dunia kerja yang mana seluruh tim mengadakan perkumpulan non formal untuk mempererat hubungan emosional antar karyawan.

21. Happy Hour

Happy hour juga merupakan istilah di dunia kerja yang berarti perkumpulan non formal sebuah devisi atau tim yang bertujuan untuk mempererat hubungan emosional satu tim.

22. Remote Working

Remote working merupakan istilah bahasa Inggris di dunia kerja yang bisa dibilang cukup baru. Remote working adalah istilah yang digunakan di mana pekerja dapat menyelesaikan tugasnya di mana saja (tidak harus di kantor) akan tetapi tetap harus mengikuti timeline atupun deadline yang sudah ditentukan.

23. Hybrid

Hybrid merupakan istilah lanjutan dari remote working di mana hybrid merupakan kombinasi antara bekerja di kantor atau bekerja dari mana saja. Jadi adakalanya pegawai harus hadir di kantor dan adakalanya pegawai bisa bekerja dari mana saja.

24. Pantry – Dapur

Pantry atau dapur merupakan fasilitas yang disediakan perusahaan yang membuat karyawan tetap waras dalam bekerja. Pantry dapat digunakan untuk membuat kopi, membuat makan siang sederhana atau masak besar bersama karyawan-karyawan kantor.

25. Payroll – Penggajian

Semua orang gembira ketika mendengar istilah satu ini. payroll merupakan penghitungan pembayaran gaji dan bonus karyawan oleh perusahaan. Proses payroll tiap perusahaan berbeda-beda tergantung kebijakan masing-masing perusahaan.

26. Allowance – Tunjangan

Allowance atau tunjangan merupakan hak karyawan di luar gaji yang harus dibayarkan perusahaan sebagai imbalan atas jerih payah mereka. Ada berbagi tipe tunjangan dalam bahasa Inggris, seperti: holiday allowance (tunjangan hari raya), overtime allowance (tunjangan lembur), meal allowance (tunjangan makan), DLL.

27. Reimburse – Penggantian Biaya

Reimbursement adalah penggantian uang oleh perusahaan kepada karyawan sebagai bentuk kompensasi atas segala biaya atau pengeluaran yang sudah dilakukan oleh karyawan tersebut untuk kepentingan perusahaan.

28. Layoff – PHK

Lay off dapat diartikan sebagai pemutusan hubungan kerja atau pengurangan jumlah karyawan karena alasan tertentu seperti, penurunan kemampuan perusahaan, penurunan kebutuhan tenaga kerja, restrukturisasi perusahaan dan lain sebagainya.

29. Offboarding

Kebalikan dari onboarding. Offboarding merupakan istilah di dunia kerja yang berarti keluar dari perusahaan tempat ia bekerja entah karena alasan resign, masa kontrak yang tidak diperpanjang dan lainnya.

30. Work Life Balance

Work life balance merupakan istilah bahasa Inggris yang akhir-akhir ini cukup sering disuarakan. Worka life balance berarti menyeimbangkan antara pekerjaan dan kehidupan pribadi, agar mencapai kebahagiaan dalam kehidupan pribadi dan profesional.

Jangan biarkan kesulitan dalam memahami istilah-istilah tersebut menghambat langkahmu di dunia kerja. Bergabunglah dengan Titik Nol English Course, lembaga kursus bahasa Inggris terbaik yang siap membantu kamu menghadapi tes TOEFL dan IELTS dengan percaya diri. Titik Nol English juga merupakan lembaga kursus bahasa Inggris terbaik yang telah mengantarkan banyak alumni dan tutornya sukses meniti karier dan diterima kerja di luar negeri. Titik Nol English Course juga menyediakan program bahasa Inggris khusus WHV dan Kelas Kapal Pesiar.

Tunggu apa lagi daftarkan dirimu sekarang juga dan dapatkan promo menarik setiap periodenya!

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

×