fbpx

Cara Paling Efektif Belajar Bahasa Inggris untuk Pemula

Belajar Bahasa Inggris untuk Pemula

jogja.titiknolenglish.com – Halo TNers! sebagai warga negara yang tidak menggunakan bahasa Inggris sebagai bahasa sehari-hari kita semua pasti merasa mempelajari bahasa Inggris merupakan suatu hal yang memang sulit. Semasa sekolah kita mengacuhkan pelajaran bahasa Inggris, setelah lulus baru sadar ternyata bahasa Inggris seberguna itu. Banyak sekali kesempatan dan peluang yang akan lebih mudah di raih apabila kita fasih berbahasa Inggris, mulai dari: mendaftar ke universitas ternama, kesempatan meraih beasiswa, melamar kerja di instansi bergengsi, kuliah atau kerja ke luar negeri hingga memperoleh project atau client dari luar negeri yang lebih menghargai karya jauh lebih mudah didapat apabila kita fasih berbahasa Inggris.

Sebagai bahasa internasional, bahasa Inggris merupakan bahasa yang digunakan oleh semua orang dari seluruh negara untuk bisa saling terkoneksi. Meskipun sudah mengetahui bahwa bahasa Inggris sepenting itu, akan tetapi tidak sedikit orang yang akhirnya menyerah sebelum benar-benar menguasai bahasa Inggris. Belajar bahasa Inggris memang bukan perkara yang mudah, akan tetapi menganggapnya terlalu sulit justru akan menjadi beban yang membuat kita minder sebelum mencoba. Untuk itu coba ikuti beberapa cara paling efektif belajar bahasa Inggris untuk pemula ala Minol berikut ini. Mau tahu apa saja, yuk simak artikelnya hingga akhir!

Cara Belajar Bahasa Inggris untuk Pemula

Membiasakan Diri dengan Bahasa Inggris

Seperti apa sih membiasakan diri dengan bahasa Inggris itu? Metode membiasakan diri dengan bahasa Inggris merupakan metode belajar bahasa Inggris untuk pemula yang paling ramah. Tujuannya untuk membuat indra dan otak kita terbiasa dengan bahasa Inggris, yaitu dengan terbiasa bersinggungan dengan bahasa Inggris setiap saat, contohnya: mengganti bahasa gadget dengan bahasa Inggris, sering mendengarkan lagu bahasa Inggris yang mudah dihafal, sering menonton film bahasa Inggris, membaca artikel-artikel bahasa Inggris minimal 1 artikel setiap hari, mendengarkan podcast dan stand up comedy bahasa Inggris, dan apa-apa saja yang berkaitan dengan bahasa Inggris.

Meskipun tidak bisa diartikan sebagai belajar secara harfiah, akan tetapi metode ini akan membuatmu secara tidak sadar mempelajari bahasa Inggris tanpa tekanan, kamu akan menangkap banyak kosakata bahasa Inggris dengan cara yang sederhana akan tetapi sangat efektif untuk meningkatkan kemampuan bahasa Inggris.

Perbanyak Kosakata Bahasa Inggris

Ketika kamu sudah terbiasa dengan bahasa Inggris dan sudah mulai suka dengan bahasa Inggris, langkah selanjutnya yang harus kamu lakukan adalah memperbanyak kosakata bahasa Inggris. Kosakata adalah bahan baku utama untuk kamu bisa berbicara, menulis dan mendengarkan bahasa Inggris dengan baik dan benar. Kosakata memiliki peran penting dalam membangun sebuah kalimat, jika perbendaharaan kosakatamu tidak banyak sudah barang pasti akan sangat sulit untuk memahami maksud dari kalimat-kalimat bahasa Inggris.

Sebagai pembelajar bahasa Inggris pemula, jangan langsung menghafal ratusan kosakata dalam satu waktu. Lebih baik siapkan lima sampai sepuluh kosakata bahasa Inggris saja tiap harinya dan pelajari juga perubahan bentuk kata dan buat menjadi contoh kalimat. Dengan begitu kosakata yang kamu pelajari akan menempel dikepala dan tidak mudah lupa. Selain itu cari juga sinonim kata dan latih tongue twister, agar mulut tidak mudah terpeleset ketika berbicara menggunakan bahasa Inggris.

Mulai Praktik

Kesalahan belajar bahasa Inggris pemula adalah tidak pernah praktik karena takut salah. Kesalahan adalah hal yang wajar dan lumrah dialami oleh mereka yang baru belajar bahasa Inggris. Poin utama dalam praktik bukanlah kesempurnaan melainkan berani mencoba, dengan berani mencoba kita jadi mengetahui di mana letak kesalahan-kesalahan dalam belajar bahasa Inggris, apakah pronunciation sudah tepat, apakah grammar sudah baik dan lain sebagainya.

Cobalah mencari lawan bicara agar praktik belajar bahasa Inggrismu menjadi menyenangkan dan tidak membosankan. Jika tidak ada bukan berarti kamu tidak bisa praktik, kamu tetap bisa praktik dengan cara monolog atau mencari lawan bicara melalui virtual.

Pelajari Bentuk Kata (Tenses)

Tenses merupakan bentuk kata kerja dalam bahasa Inggris yang berfungsi untuk menunjukkan keterangan waktu. Tenses dibagi menjadi 4 macam, yaitu:

Waktu:

  • Present / Sekarang.
  • Past / Masa lalu.
  • Future / Masa yang akan datang.
  • Past Future / Rencana dimasa lalu.

Peristiwa:

  • Simple / Aktifitas sederhana.
  • Continuous / Aktivitas yang sedang berlangsung.
  • Perfect / Aktivitas yang telah usai.
  • Perfect Continuous / Aktifitas yang sedang berlangsung dengan durasi waktu.

Dari keempat macam tersebut dibagi kembali menjadi 16 tenses. Berikut adalah rumum dari 16 tenses yang wajib kamu pelajari.

Event/TimePresentPastFuturePast Future
SimpleV-1(s/es)V-2Will/Shall + V-1Would/Should + V-1
ContinuousIs/am/are + V-ingIs/am/are + V-ingWill/Shall + be + V-ingWould/Should + be + V-ing
PerfectHave/Has + V-3Had +V-3Will/Shall + have + V-3Would/Should + have + V-3
Perfect ContinuousHave/Has + Been + V-ingHad + been + V-ingWill/Shall + have + been + V-ingWould/Should + have + been + V-ing

Belajar Grammar secara Keseluruhan

Dalam mempelajari grammar harus memperhatikan urutan materinya,  hal ini penting agar kamu bisa belajar runut dari yang termudah sampai yang tersulit. Dengan mempelajari materi grammar yang mudah, akan membantu kamu memahami materi-materi grammar lainnya dengan lebih baik. Jika kamu kewalahan mencari materi belajar grammar mandiri, maka lebih baik kamu ambil program kursus grammar bahasa Inggris di Titik Nol English. Di lembaga kami kamu bebas pilih program kursus online ataupun offline dari Kampung Inggris Pare Jawa timur ataupun dari Yogyakarta.

Praktik Menulis (Writing)

Setelah tahu cara meningkatkan speaking skill. Writing merupakan salah satu kompetensi yang lebih sulit lagi dari pada reading, speaking dan listening. untuk membuat tulisan yang baik dan benar, kamu harus memahami grammar dengan baik. Dengan berlatih menulis kamu akan paham sejauh mana pemahamanmu terkait kosakata dan tata bahasa dalam bahasa Inggris. Kemampuan writing yang baik akan sangat berguna apalagi jika kamu berniat untuk mendaftar beasiswa dan kuliah ke luar negeri, yang mana essay merupakan salah satu berkas wajib yang menjadi penentu kelulusan dalam aplikasi beasiswa dan kuliah ke luar negeri.

Nah itulah beberapa cara paling efektif belajar bahasa Inggris untuk pemula dari Minol yang terbukti ampuh meningkatkan kemampuan bahasa Inggris bahkan untuk kamu yang baru banget belajar bahasa Inggris.

Satu lagi cara untuk belajar bahasa Inggris anti ribet dan terbukti paling efektif ya tentu saja dengan gabung di program kursus Titik Nol English Course, terbukti ratusan alumni dan tutor kami sudah sukses diterima beasiswa dan kuliah ke luar negeri. Tidak hanya pendidikan banyak juga alumni kami yang sekarang sudah bekerja dan mengumpulkan pundi-pundi Dollar. Mau seperti mereka yuk persiapkan diri sekarang juga dan gabung di program terbaik Titik Nol English Course.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

×