fbpx

16 Cara Meningkatkan Speaking Skill Tercepat

Cara Meningkatkan Speaking Skill

jogja.titiknolenglish.com – Fasih speaking in English hari ini merupakan sebuah keharusan tidak tertulis yang harus diamini oleh semua orang. Sebagai lingua franca (bahasa internasional) sekitar 85% organisasi dunia menggunakan bahasa Inggris sebagai bahasa diplomatis dalam hubungan kerja dan lebih dari 80% jurnal akademik juga ditulis dalam bahasa Inggris, sehingga bahasa Inggris juga sangat penting dipahami oleh pelajar agar memiliki referensi yang lebih luas. Salah satu kecakapan yang wajib dikuasai dalam bahasa Inggris adalah speaking, ya meskipun reading, writing, dan listening sama pentingnya akan tetapi speaking skill dapat digunakan dengan lebih kontekstual. Lalu bagaimana cara meningkatkan speaking skill tercepat? Berikut ini adalah beberapa strategi yang bisa kamu terapkan untuk meningkatkan speaking bahasa Inggris.

1. Perbanyak Vocabulary

Cara meningkatkan speaking skill yang pertama tentu saja dengan memperbanyak pemahaman kosakata bahasa Inggris. Kamu harus memiliki banyak perbendaharaan vocab agar bisa fasih berbahasa Inggris. Sebagai pemula kamu tetap bisa praktik speaking dengan baik tanpa menggunakan kaidah grammar asal kamu memiliki pemahaman kosakata yang luas, lawan bicaramu tetap akan bisa memahami apa informasi yang berusaha ingin kamu sampaikan meskipun terdengar aneh. Cara terbaik memperbanyak kosakata bahasa Inggris adalah dengan belajar minimal 5 kosakata per hari, tidak hanya dihafal akan tetapi dipelajari dibuatkan kalimat dan praktik.

2. Perhatikan Pelafalan (pronunciation)

Perhatikan beberapa kata di bawah ini:

  1. Pear” (buah pir) dan “pair” (pasangan).
  2. Flower” (bunga) dan “flour” (tepung).
  3. Write” (menulis) dan “right” (benar).
  4. Sun” (matahari) dan “son” (anak laki-laki).
  5. Weak” (lemah) dan “week” (minggu).
  6. Break” (memecah) dan “brake” (rem).
  7. Bear” (beruang) dan “bare” (telanjang).
  8. Piece” (potongan) dan “peace” (kedamaian).
  9. Meet” (bertemu) dan “meat” (daging).
  10. Weather” (cuaca) dan “whether” (apakah).

10 kata di atas memiliki pronunciation yang hampir mirip ketika diucapkan. Untuk itu melatih pelafalan adalah hal yang sangat penting agar speaking skill yang kamu miliki dapat meningkat dengan baik.

3. Pelajari Alur Kalimat

Cara meningkatkan speaking skill selanjutnya adalah dengan mempelajari alur kalimat dalam bahasa Inggris. Alur kalimat dalam bahasa Inggris umumnya mengikuti struktur dasar Subject-Verb-Object (Subyek-Predikat-Objek), tetapi bisa bervariasi tergantung pada jenis kalimatnya. Beberapa aspek dalam bahasa Inggris antara lain:

  • Linking: Dalam bahasa Inggris, linking merujuk pada bagaimana suara dalam satu kata berhubungan dengan suara dalam kata berikutnya dalam percakapan yang berkelanjutan. Ini membantu dalam pengucapan yang lancar dan alami. Contohnya, dalam kalimat “I am ready“, “am” diucapkan dengan mulus terhubung ke “ready” sehingga terdengar seperti “I’m ready“.
  • Contractions: Contractions adalah penyatuan dua kata menjadi satu dengan menggunakan apostrof (‘). Contohnya, “do not” menjadi “don’t“, “cannot” menjadi “can’t”, dan seterusnya. Ini umum dalam percakapan sehari-hari dan membantu mengurangi kekakuan dalam bahasa.
  • Stress: Dalam setiap kata dalam bahasa Inggris, ada suku kata yang ditekankan lebih kuat daripada yang lain. Ini dikenal sebagai “stressed syllable“. Memahami di mana tekanan ditempatkan dalam sebuah kata penting untuk pengucapan yang jelas dan pemahaman yang baik. Contohnya, dalam kata “elephant“, tekanan jatuh pada suku kata pertama: “EL-e-phant“.
  • Rhythm: Bahasa Inggris memiliki pola ritme yang khas, di mana ada betapa banyak suku kata yang dipertimbangkan dalam satu baris atau kalimat, serta betapa banyak stres yang muncul. Rhythm dalam bahasa Inggris membantu dalam intonasi dan memberikan “musikalitas” dalam percakapan.

4. Pelajari preposition

Preposition atau preposisi adlah kata penghubung yang digunakan untuk menunjukkan hubungan antara benda, kata ganti, dan kata lain dalam sebuah kalimat. preposition memberi tanda bahwa setelahnya akan ada noun. Preposisi sangat terpakai ketika speaking. apabila pemahaman terkait preposisimu kurang baik sudah pasti lawan bicaramu akan salah paham.

5. Berpikir dalam Bahasa Inggris

Untuk hingga pada tahapan fluently in English kamu akan bertemu dengan beberapa fase. Yang pertama kamu tidak tahu apa yang dibicarakan dan bagaimana cara menjawabnya, yang kedua kamu paham apa yang dibicarakan akan tetapi bingung bagaimana cara menjawabnya dan yang ketika adalah kamu tahu apa yang dibicarakan dan tahu bagaimana cara menjawabnya.

Untuk melatih fase terakhir dalam fasih berbahasa Inggris kamu harus melatih diri agar terbiasa berpikir dalam bahasa Inggris, dengan begitu kamu akan butuh lebih sedikit waktu agar bisa merespons percakapan bahasa Inggris tanpa perlu berpikir panjang dan mencoba mengabung-gabungkan kalimat di kepala.

6. Membiasakan Bahasa Inggris

Semakin sering kamu terpapar dengan bahasa Inggris maka akan semakin mudah kamu dalam mempelajarinya. Untuk itu perbanyaklah paparan bahasa Inggris pada kehidupan sehari-hari seperti membaca buku bahasa Inggris, menonton film bahasa Inggris, mendengarkan musik berbahasa Inggris, menonton stand up comedy bahasa Inggris dan lain sebagainya. Dengan sering terpapar bahasa Inggris secara tidak langsung otak kita akan merekamnya sehingga ketika kita menirukan speaking in English kita bisa meniru beberapa tokoh yang sering kita dengarkan atau tonton.

7. Speech Shadowing

Pernah menonton film Peaky Blinders? Meskipun banyak sekali kata kotor di film ini, tapi coba perhatikan bagaimana cara Thomas Shelby menuturkan kalimat demi kalimatnya dalam bahasa Inggris. Kemu bisa memanfaatkan film satu ini sebagai cara meningkatkan kemampuan speaking skill. Coba ambil beberapa penggalan kalimat yang diucapkan Thomas Shelby lalu terjemahkan dan dengarkan dengan seksama kalimat tersebut kemudian tirukan bagaimana cara pelafalan, intonasi dan alur bicaranya dengan detail. Tidak harus Thomas Shelby kok, kamu bebas menirukan siapapun native speaker atau orang yang punya kemampuan bahasa Inggris yang kamu anggap baik. Metode ini disebut speech shadowing.

8. Membaca dengan Keras

Ketika kita membaca dengan keras, kita sudah belajar dua hal secara bersamaan sekaligus. Yaitu reading dan speaking. Jika hanya membaca dalam hati kamu tidak akan tahu apakah pelafalanmu sudah benar atau belum, sementara ketika membaca teks bahasa Inggris dengan keras kamu bisa tahu di mana bagian yang belum tepat dari segi pelafalan dan bagaimana aksen dan intonasimu ketika membaca.

9. Bicara Sendiri

Praktik adalah cara terbaik untuk meningkatkan speaking skill. Apabila kamu tidak memiliki lawan bicara, berbicara sendiri di depan kaca atau ketika naik motor bisa menjadi alternatif untuk melatih kemampuan berbicara dalam bahasa Inggris. Coba bahas apa saja yang terlihat di depan mata coba deskripsikan sedetail mungkin menggunakan kosakata yang kamu miliki, dari sana kamu akan menemukan apa-apa saja kosakata sederhana yang sepertinya sering terdengar tapi mendadak hilang saat dibutuhkan.

10. Cari Partner Speaking

Siapa sih yang betah harus bicara sebelah tangan di mana ucapanmu tidak pernah dibalas olehnya wkwkw… agar tidak jenuh carilah teman yang mau diajak untuk praktik berbicara bahasa Inggris. Jangan langsung membahas yang berat cobalah bahas sesuatu yang ringan seperti bercerita terkait pengalaman dengan bahasa yang paling sederhana agar lawan bicaramu juga bisa menangkap apa yang kamu bicarakan. Tidak masalah apabila di pertengahan cerita mendadak kamu menemukan kosakata yang tidak kamu ketahui, mengantisipasi hal tersebut siapkan kamus online yang bisa kamu gunakan dengan cepat ketika ada kebuntuan kata.

11. Ikut Kegiatan atau Komunitas Bahasa Inggris

Di luar sana ada banyak sekali komunitas para pemburu beasiswa dan teman-teman yang juga punya visi untuk meningkatkan kemampuan bahasa Inggris. Jangan ragu untuk bergabung dengan kegiatan seperti itu, di komunitas tersebut kamu bisa ikut nimbrung dan praktik berbicara menggunakan bahasa Inggris dengan anggota komunitas lainnya. Selain itu kegiatan-kegiatan seperti itu juga akan memperluas koneksi dan membuatmu semakin termotivasi dalam banyak hal positif lainnya.

12. Manfaatkan Aplikasi

Jika kamu adalah orang yang mageran tapi sudah bosan belajar sendiri bukan berarti kamu tidak bisa praktik berbicara dengan orang lain. Kamu bisa manfaatkan beberapa aplikasi yang fokus untuk belajar bahasa Inggris seperti, Duolingo, HelloTalk dan lain-lain. Apabila ingin berinteraksi dengan native speaker secara tatap muka via online kamu bisa manfaatkan aplikasi seperti Ome TV, Omegle, Holla untuk terkoneksi dengan orang-orang luar negeri. Jangan lupa gunakan VPN agar saluran Ome TV dapat terkoneksi dengan saluran luar negeri.

13. Percaya Diri

Percaya diri adalah modal utama untuk meningkatkan kemampuan speaking skill. Salah satu yang menjadi penghambat mengapa kemampuan bahasa Inggris tidak kunjung improve adalah kepercayaan diri. Tanamkan dalam dirimu bahwa semua orang yang saat ini fasih berbahasa Inggris juga pernah berada di posisimu. Mereka pernah salah, aksennya pernah ditertawakan, dan pernah lupa kosakata ketika berbicara. Jadi tetaplah percaya diri apapun yang terjadi.

14. Belajar Grammar

Beberapa orang memiliki anggapan tidak masalah mengabaikan grammar ketika belajar speaking. Akan tetapi hal tersebut bukan berarti kamu bisa mengabaikan grammar selamanya. Mempelajari grammar juga sangat penting apalagi jika nanti kamu diharuskan speaking dalam konteks formal. Pelajari grammar secara berkala dengan begitu kamu tidak perlu terbebani dengan grammar dan bisa fokus belajar speaking.

15. Kursus Bahasa Inggris

Cara meningkatkan speaking skill yang terakhir adalah cara yang paling ampuh sekaligus pamungkas. Ketika mengambil program kursus bahasa Inggris sudah pasti kamu akan belajar bahasa Inggris dengan lebih intens karena sudah tersedia kurikulum dan materi yang terstruktur rapi dan sangat jauh apabila dibandingkan dengan belajar bahasa Inggris secara otodidak. Selain itu kamu juga akan bertemu dengan tutor andal dan juga teman-teman baru yang juga punya tujuan yang sama yaitu untuk meningkatkan kemampuan bahasa Inggris, sehingga kamu akan makin semangat dan fokus dalam belajar bahasa Inggris.

16. Konsisten

Yang lebih pamungkas dari yang paling pamungkas tentu saja adalah konsisten. Percuma saja kamu menerapkan banyak tips di atas apabila hanya kamu terapkan satu kali seumur hidup, padahal bahasa Inggris merupakan bahasa yang luas dan kompleks. Kamu harus belajar dengan giat dan sungguh-sungguh agar bisa sampai ke level advance English, fasih tanpa perlu berpikir a e a e untuk berbicara dalam bahasa Inggris.

Nah itulah 16 tips ampuh meningkatkan speaking skill paling ampuh dan tercepat yang bisa kamu coba. Untuk kursus bahasa Inggris akademik kamu bisa percayakan Titik Nol English Course yang sudah terbukti menjadi lembaga kursus bahasa Inggris terbaik nomor satu yang siap membantu meningkatkan kemampuan bahasa Inggris untuk kebutuhan akademik dan persiapan tes TOEFL ataupun IELTS.

Oh ya saat ini Titik Nol English Course sudah tersedia di Kampung Inggris Pare, Yogyakarta dan juga Medan loh. Untuk kamu yang berdomisili di area tersebut tidak usah jauh-jauh mencari tempat lain sama bagusnya kok!

Tunggu apa lagi yuk daftar sekarang juga dan tingkatkan kemampuan bahasa Inggrismu!

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

×