fbpx

Panduan Penyetaraan Ijazah Luar Negeri Lengkap

Penyetaraan Ijazah Luar Negeri

jogja.titiknolenglish.com (Panduan Penyetaraan Ijazah Luar Negeri Lengkap) – Halo calon mahasiswa study abroad, eh atau justru kamu saat ini sudah diterima kuliah ke luar negeri, bahkan awardee beasiswa. Wawa keren banget! Bisa kuliah ke luar negeri apalagi gratis adalah cita-cita semua orang, akan tetapi tahukah kamu tiap negara memiliki sistem pendidikannya masing-masing, jadi apabila kamu bukanlah penduduk asli suatu negara dan ingin melanjutkan pendidikan ke salah satu negara yang kamu tuju, otomatis kamu juga harus mengikuti aturan pendidikan yang berlaku di negara tersebut, mulai dari aturan teknis hingga aturan administratif yang berlaku. Untuk bisa mendaftar kuliah ataupun baru saja menyelesaikan studi di luar negeri, salah satu hal wajib yang harus kamu lakukan adalah melakukan penyetaraan, agar ijazah yang kamu miliki bisa digunakan untuk aplikasi ke perguruan tinggi luar negeri atau untuk mencari kerja apabila kamu sudah memiliki ijazah dari luar negeri. Dari pada makin bingung yuk simak artikelnya hingga akhir sudah kami rangkumkan panduan penyetaraan ijazah luar negeri lengkap, simak hingga akhir ya.

Penyetaraan Ijazah Luar Negeri

Jadi apa sih penyetaraan Ijazah itu? Secara sederhana kita dapat mengartikan bahwasanya penyetaraan ijazah merupakan pengakuan atau bukti kualifikasi ijazah yang diperoleh dari perguruan tinggi luar negeri yang dimiliki, mempunyai kualifikasi Ijazah yang sebanding dengan level pendidikan tinggi yang ada di Indonesia apabila kamu memiliki ijazah luar negeri, atau yang setara dengan sistem pendidikan luar negeri apabila yang akan kamu setarakan adalah ijazah asal Indonesia. Pada proses penyetaraan tidak hanya selesai ketika telah menyetarakan ijazah saja, nilai yang tersedia pada transkrip juga harus di konversikan sesuai dengan sistem yang berlaku pada negara yang ingin dituju, sesuai dengan standar yang berlaku.

Tertanggal 1 Maret 2023 telah diluncurkan sebuah website yang dapat digunakan untuk mengurusi proses penyetaraan ijazah dan dapat diurus secara Online melalui laman Kemendikbudristek. Jenis ijazah yang dapat disetarakan tidak melulu ijazah pendidikan perguruan tinggi, seluruh ijazah dapat disetarakan, mulai dari ijazah Sekolah Dasar, Ijazah Sekolah Menengah hingga perguruan tinggi dapat disetarakan sesuai dengan kebutuhan masing-masing. Alasan mengapa penyetaraan ijazah sangat penting dilakukan adalah karena pada beberapa instansi hanya akan menerima dan dapat mengurus lebih lanjut ijazah yang sudah disetarakan.

Syarat Penyetaraan Ijazah Luar Negeri

Berikut adalah beberapa persyaratan wajib yang harus kamu lengkapi apabila ingin mengajukan penyetaraan ijazah luar negeri:

  • Dokumen akreditasi dari perguruan tinggi dan/atau program studi asal.
  • Bukti penerimaan studi atau LoA (Letter of Acceptance) yang dikeluarkan perguruan tinggi atau institusi pendidikan luar negeri.
  • Ijazah yang akan disetarakan (jika isinya tidak dalam bahasa Inggris, maka wajib disertai dokumen terjemahannya dalam bahasa Inggris atau Indonesia oleh penerjemah yang tersumpah).
  • Ijazah dari jenjang pendidikan sebelumnya.
  • Transkrip akademik (seperti ijazah, jika tidak tertulis dalam bahasa Inggris, maka wajib disertai dokumen terjemahan dalam bahasa Inggris atau Indonesia oleh penerjemah yang telah tersumpah).
  • Surat Keputusan Penyetaraan Ijazah Luar Negeri pada jenjang pendidikan sebelumnya. Hal ini diperlukan jika jenjang pendidikan sebelumnya juga dilakukan di luar negeri.
  • Visa studi (atau visa kunjungan untuk lulusan program sandwich dan research-based) serta seluruh halaman paspor.
  • Jika visa dan paspor hilang, maka wajib melampirkan surat keterangan hilang dari pihak berwenang (kepolisian), surat keterangan dari perguruan tinggi yang menjelaskan bahwa ia pernah menjalani studi dan lulus, surat keterangan dari Kantor Perwakilan Republik Indonesia setempat yang menerangkan kalau ia pernah menetap di negara tersebut.
  • Pedoman akademik yang memuat informasi mengenai kurikulum atau peraturan akademik sesuai program pendidikan yang diambil atau ditempuh.
  • Pas foto background (latar belakang) merah.

Apabila kamu mengurus penyetaraan ijazah melalui Online, maka kamu harus melampirkan seluruh persyaratan di atas dalam bentuk soft file atau soft copy sesuai dengan persyaratan yang ditetapkan oleh Kemendikbudristek.

Syarat Dokumen Tambahan Penyetaraan

Direktorat pembelajaran dan kemahasiswaan berhak meminta dokumen tambahan kepada pengusul, berupa:

  • Informasi Program Studi berupa dokumen, tautan atau tangkapan layar
  • Tugas akhir berupa halaman sampul, abstrak, kesimpulan dan daftar pustaka
  • Publikasi jurnal internasional untuk program doktor
  • Bukti mukim/Bukti perjalanan
  • Surat sponsor bagi awardee beasiswa
  • Surat tugas belajar bagi aparatur sipil negara
  • CDGDC, CHSI, CSCSE bagi lulusan perguruan tinggi asal Tiongkok
  • Kronologi pembelajaran (logbook) bagi program riset atau daring

Dokumen kerja sama (MoU) untuk perguruan tinggi yang melaksanakan program joint degree atau double degree

Alur Penyetaraan Ijazah Luar Negeri

Terdapat beberapa alur yang harus kamu lalui apabila mengurusi penyetaraan ijazah, dan dibutuhkan kurang lebih 2 hingga 7 hari kerja untuk mengurusinya. Berikut alur lengkapnya:

Daftar

Kamu dapat, melakukan registrasi apabila belum memiliki akun di laman https://piln.kemdikbud.go.id/ setelah selesai login dan isilah data diri secara lengkap dan pastikan tidak ada yang salah.

Usulan

Setelah seluruh informasi dilengkapi alur selanjutnya adalah mengisi usulan penyetaraan ijazah luar negeri dengan konversi IPK dan melampirkan dokumen persyaratan sesuai dengan ketentuan.

Verifikasi

Pada proses ini pengusul tidak perlu melakukan apa-apa dan hanya tinggal menunggu proses verifikasi dan penilaian oleh tim verifikator. Apabila disetujui, maka surat terkait penyetaraan ijazah akan segera diterbitkan, verifikasi akan otomatis gagal apabila terdapat kesalahan dokumen yang disyaratkan.

E-Sign

Setelah verifikasi berhasil, dokumen yang sudah dinilai oleh verifikator dan direktur Belmawa akan menandatangani SK melalui E-Sign.

SK Dikirim

Setelah ditandatangani maka SK akan dikirim otomatis melalui email yang diunggah oleh pengusul, pengusul juga dapat mengambil langsung Surat Keputusan penyetaraan ijazah luar negeri di kantor Kemristekdikti.

Jam Pelayanan

Setelah mengetahui persyaratan dan alur penyetaraan ijazah luar negeri, info yang tak kalah penting yang harus kamu ketahui adalah mengenai jadwal pelayanannya. Berikut adalah jadwal pelayanannya:

  • Senin – Jumat, pukul 08.00–14.00 WIB: Pelayanan pendaftaran dan unggah berkas.
  • Senin – Jumat, pukul 08.30–12.00 WIB dan 13.00–14.00 WIB: Proses verifikasi dan penilaian berkas yang diunggah, serta pengambilan Surat Keputusan.
  • Tanggal merah libur

Biaya Penyetaraan

Untuk permohonan penyetaraan ijazah luar negeri, tidak dipungut biaya sama sekali alias gratis. Akan tetapi seperti pengurusan persyaratan tentu saja kamu harus mengeluarkan biaya pribadi agar bisa mengajukan penyetaraan ijazah.

Bagaimana sudah paham kan mengenai panduan penyetaraan ijazah luar negeri, kamu bisa mengurus penyetaraan ijazahmu sendiri atau diwakilkan menggunakan surat kuasa agar proses penyetaraan ijazahmu dapat berjalan lancar. Nah apabila kamu ingin lancar berbahasa Inggris, kamu bisa percayakan jogja.titiknolenglish.com untuk meningkatkan kemampuan bahasa Inggris yang kamu miliki. Kamu akan belajar bersama tutor profesional dan berpengalaman, jadi tiap materi dan perkembangan bahasa Inggrismu akan berjalan rapi karena akan didampingi oleh profesional.

Masih bingung harus ambil program apa? Yuk konsultasikan bersama tim ahli dari jogja.titiknolenglish.com klik tombol di bawah ini!

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

×