fbpx

Beasiswa LPDP Dalam Negeri

Beasiswa LPDP dalam Negeri

jogja.titiknolenglish.com (Beasiswa LPDP Dalam Negeri) – Hai TNers Jogja! Tahukah kamu jika lembaga penyedia beasiswa yaitu LPDP sedang membuka pendaftaran tahap 2. Apakah kamu sudah mempersiapkan diri untuk mendafatar beasiswa LPDP tahun ini? Kira-kira apa saja yang perlu dipersiapkan untuk mendaftarkan diri mengikuti seleksi penerima beasiswa LPDP? tenang, di Artikel Beasiswa LPDP Dalam Negeri ini, Minol akan membagikan informasi lengkap mengenai pendaftaran beasiswa LPDP tahap 2.

LPDP merupakan singkatan dari Lembaga Pengelola Dana Pendidikan. LPDP ini merupakan lembaga yang bekerja dibawah pengawasan Kemenkeu, Kemendikbud, Kemenag. LPDP memberikan beasiswa bagi lulusan Sarjana (S1) untuk melanjutkan pendidikan Magister dan Doktoral di dalam maupun luar negeri. Pengelolaan dana pendidikan ini didasarkan pada UUD 1945 mengamanahkan bahwa sekurang-kurangnya dua puluh persen Anggaran Penerimaan dan Belanja Negara (APBN) adalah untuk fungsi pendidikan. Beasiswa ini bertujuan untuk mendukung ketersediaan SDM yang berpendidikan dan berkualitas, mempunyai jiwa kepemimpinan dan memberikan efek yang baik terhadap masyarakat luas dan bangsa di masa depan Indonesia. Pembiayaan pendidikan yang dilakukan oleh LPDP ini adalah selama 2 tahun untuk program Magister dan 4 Tahun untuk program Doktoral, dan apabila melebihi waktu tersebut akan dikenakan penalti.
Berikut merupakan informasi mengenai Beasiwa LPDP Dalam Negeri, simak informasinya sampai habis ya!

Tentang Beasiswa LPDP Dalam Negeri

Beasiswa LPDP Reguler diperuntukkan bagi Warga Negara Indonesia yang telah menyelesaikan studi program diploma empat (D4) atau sarjana (S1) untuk beasiswa magister; Warga Negara Indonesia yang telah menyelesaikan studi program magister (S2) untuk beasiswa doktor; atau Warga Negara Indonesia yang telah menyelesaikan studi diploma empat (D4)/sarjana (S1) untuk beasiswa doktor luar negeri.

Skema Beasiswa Reguler LPDP

Diperuntukkan untuk studi jenjang

  1. Magister Program satu gelar (single degree) dengan durasi studi paling lama 24 (dua puluh empat) bulan.
  2. Doktor, Program satu gelar (single degree) dengan durasi studi paling lama 48 (empat puluh delapan) bulan.
  3. Pendaftar Beasiswa Reguler yang telah mempunyai dan mengunggah LoA Unconditional (Letter of Acceptance) atau surat diterima di perguruan tinggi tujuan dengan tanpa syarat wajib memilih 1 (satu) Perguruan Tinggi Tujuan Dalam ataupun Luar Negeri sesuai dengan list Perguruan Tinggi LPDP
  4. Pendaftar Beasiswa Reguler yang belum memiliki LoA Unconditional wajib memilih 3 (tiga) Perguruan Tinggi Tujuan Dalam Negeri atau Luar Negeri yang ada dalam daftar Perguruan Tinggi LPDP dengan program studi yang sama atau sejenis.

Cakupan Beasiswa

Biaya Pendidikan

  • Biaya Pendaftaran
  • Biaya SPP/Tuition Fee
  • Tunjangan Buku
  • Biaya Penelitian Tesis/Disertasi
  • Biaya Seminar Internasional
  • Biaya Publikasi Jurnal Internasional

Biaya Pendukung

  • Transportasi
  • Aplikasi Visa/Residence Permit
  • Asuransi Kesehatan
  • Biaya Hidup Bulanan
  • Biaya Kedatangan
  • Biaya keadaaan darurat (jika diperlukan)

Tunjangan keluarga (khusus doktor)

Persyaratan Umum

Warga Negara Indonesia

Telah menyelesaikan studi program D4 atau S1 untuk beasiswa magister; program S2 untuk beasiswa doktor; atau D4/S1 langsung doktor dengan ketentuan sebagai berikut:

  1. Perguruan tinggi dalam negeri yang terakreditasi oleh Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT),
  2. Perguruan tinggi kedinasan dalam negeri, atau
  3. Perguruan tinggi luar negeri yang diakui oleh Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia atau Kedutaan Besar Republik Indonesia di negara asal perguruan tinggi.
  4. Warga Negara Indonesia yang telah menyelesaikan studi  S2 tidak diizinkan mendaftar pada program beasiswa magister dan Warga Negara Indonesia yang telah menyelesaikan studi  S3 tidak diizinkan mendaftar pada program beasiswa doktor.
  5. Melampirkan Surat Rekomendasi dari kampus bagi yang belum bekerja atau dari perusahaan bagi yang sudah bekerja.
  6. Memilih Perguruan Tinggi Tujuan dan program studi sesuai dengan ketentuan LPDP
  1. Kelas Eksekutif;
  2. Kelas Khusus;
  3. Kelas Karyawan;
  4. Kelas Jarak Jauh;
  5. Kelas yang diselenggarakan bukan di perguruan tinggi induk;
  6. Kelas Internasional khusus tujuan Dalam Negeri;
  7. Kelas yang diselenggarakan di lebih dari 1 negara perguruan tinggi; atau
  8. Kelas lainnya yang tidak memenuhi ketentuan LPDP
  9. Menulis komitmen kembali ke Indonesia dan rencana kontribusi di Indonesia pasca studi
  10. Menulis Proposal Penelitian bagi pendaftar program pendidikan doktor

Persyaratan Khusus:

  1. Pendaftar jenjang pendidikan magister berusia paling tinggi 35 (tiga puluh lima) tahun.
  2. Pendaftar jenjang pendidikan doktor berusia paling tinggi 40 (empat puluh) tahun.
  3. Pendaftar jenjang Magister wajib memiliki Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) pada jenjang studi sebelumnya sekurang – kurangnya 3,00 pada skala 4 atau yang setara yang dibuktikan dengan transkrip nilai yang asli atau telah dilegalisir.
  4. Pendaftar jenjang Doktor wajib memiliki Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) pada jenjang studi sebelumnya sekurang – kurangnya 3,25 pada skala 4 atau yang setara yang dibuktikan dengan transkrip nilai yang asli atau telah dilegalisir.
  5. Khusus untuk pendaftar jenjang Doktor dari program magister penelitian tanpa IPK, wajib melampirkan surat keterangan dari perguruan tinggi asal.
  6. Bagi lulusan Luar Negeri Wajib melampirkan hasil konversi IPK yang dikonversi melalui tautan di sini  dan dilampirkan bersamaan dengan transkrip.

Mengunggah dokumen sertifikat kemampuan bahasa Inggris yang masih berlaku dan diterbitkan oleh ETS, PTE Academic atau IELTS dengan ketentuan sebagai berikut:

  1. Pendaftar program magister dalam negeri skor minimal kemampuan bahasa Inggris TOEFL ITP® 500, TOEFL iBT 61, PTE Academic 50, atau IELTS™ 6,0;
  2. Pendaftar program magister luar negeri, skor minimal kemampuan bahasa Inggris TOEFL iBT® 80, PTE Academic 58, atau IELTS™ 6,5;
  3. Pendaftar program doktor dalam negeri skor minimal kemampuan bahasa Inggris TOEFL ITP® 530, TOEFL iBT® 70, PTE Academic 50, atau IELTS™ 6,0;
  4. Pendaftar program doktor luar negeri skor minimal kemampuan bahasa Inggris TOEFL iBT® 94, PTE Academic 65 atau IELTS™ 7,0;
  5. Sertifikat TOEFL ITP yang berlaku harus berasal dari lembaga resmi penyelenggara tes TOEFL ITP di Indonesia.

Persiapkan TOEFL/IELTS-mu di Titik Nol English Course

Mengunggah surat keterangan menunda memulai studi dari Perguruan Tinggi Tujuan bagi pendaftar yang memiliki LoA Unconditional dengan waktu mulai studi yang tidak sesuai dengan ketentuan LPDP

Pendaftaran

Mendaftar secara online pada situs Pendaftaran Beasiswa LPDP di sini

Melakukan submit aplikasi pendaftaran untuk mendapatkan kode registrasi

Proses Seleksi

Seleksi Substansi Akademik dan Kebangsaan

Perlu diketahui

LoA Unconditional adalah surat resmi dari perguruan tinggi (official admission) yang menyatakan bahwa seseorang telah diterima sebagai mahasiswa di perguruan tinggi tersebut dengan tanpa persyaratan (kecuali persyaratan sponsor pendanaan, dokumen fisik ijazah dan transkrip nilai jenjang studi sebelumnya, dan/atau persyaratan tambahan yang tidak berisiko mengubah status diterimanya orang tersebut sebagai mahasiswa pada program studi yang dituju). LoA Unconditional memuat nama lengkap, jenjang studi, program studi, serta durasi studi, lama studi, permulaan studi dan/atau akhir studi

  • Perguruan Tinggi dan Program Studi harus sesuai dengan salah satu pilihan pada aplikasi pendaftaran
  • Intake studi harus memenuhi ketentuan yang ditetapkan LPDP terkait perkuliahan paling cepat yang diizinkan
  • Jika intake perkuliahan yang tercantum pada LoA Unconditional yang diunggah tidak sesuai ketentuan maka wajib melampirkan Surat Defer dari Perguruan Tinggi yang menerbitkan LoA
  • Jika pendaftar mengunggah LoA Unconditional yang tidak sesuai dengan ketentuan LPDP, maka LoA tidak dianggap atau diabaikan (status menjadi ‘belum memiliki LoA’)

Format Komitmen kembali ke Indonesia dan rencana kontribusi di Indonesia pasca studi dan proposal Penelitian

Komitmen kembali ke Indonesia dan rencana kontribusi di Indonesia pasca studi (1500 – 2000 kata)

  1. Deskripsikan diri Kamu.
  2. Deskripsikan masalah urgent yang sedang dialami oleh Indonesia ataupun lingkungan sekitar anda dan solusi penyelesaian yang Kamu tawarkan.
  3. Deskripsikan pentingnya ilmu yang akan kamu ambil dan bagaimana ilmu dan kamu dapat berkontribusi dalam penyelesaian masalah yang terjadi
  4. Deskripsikan mimpi kamu tentang Indonesia masa depan.
  5. Deskripsikan peran apa yang akan kamu lakukan.
  6. Deskripsikan cara kamu mewujudkan mimpi tersebut

Proposal Penelitian (Khusus Doktor) (1500 – 2000 kata)

  1. Judul Penelitian Tuliskan judul penelitian.
  2. Latar Belakang Uraikan secara singkat topik isu yang ingin Anda meneliti dan mengapa signifikan untuk Anda teliti.
  3. Perumusan Permasalahan (Statement of Problem) Uraikan secara singkat apa yang telah Anda ketahui tentang topik isu tersebut dan diskusikan secara ringkas mengapa masih perlunya Anda meneliti. Tunjukkan bahwa solusi terhadap isu yang telah ada masih belum terselesaikan sepenuhnya sehingga Anda ingin melakuan penelitian.
  4. Pertanyaan/Tujuan Penelitian Rumuskan tujuan pertanyaan penelitian.
  5. Kelogisan (Rationale) Jelaskan bagaimana pertanyaan penelitian mendukung topik isu besar yang diangkat dalam latar belakang penelitian. Khusus penelitian, jelaskan hipotesis (jika ada) dan/atau model penelitian yang mendukung tujuan/pertanyaan penelitian.  Jelaskan pula kontribusi teoritis dan praktis jika hipotesis tidak terbukti.
  6.  Metode dan Desain Jelaskan bagaimana Anda akan mengumpulkan data dan mengapa? Jelaskan mengapa metode ini adalah terbaik untuk mencapai tujuan Anda. Jelaskan analisis dan hasil yang mendukung maupun tidak mendukung hipotesis. Cantumkan outline jadwal penelitian dari awal sampai selesai.
  7.  Signifikansi/Manfaat Deskripsikan secara umum, bagaimana penelitian yang Anda usulkan berguna baik secara teoritis maupun praktis.
  8. Kesimpulan dan Saran Deskripsikan secara umum, bagaimana program penelitian yang Anda usulkan berguna baik secara teoritis maupun praktis.
  9. Daftar Pustaka

Itulah informasi mengenai Beasiswa LPDP Dalam negeri. Bagi kamu yang mengikuti seleksi kamu perlu mempersiapkan segala sesuatu yang dibutuhkan dalam mendaftar beasiswa LPDP, salah satunya adalah sertifikat kemampuan bahasa Inggris TOEFL dan IELTS. Kamu bisa mempersiapkan TOEFL dan IELTS mu di Titik Nol English Course Jogjakarta.

Titik Nol English Course adalah lembaga kursus bahasa Inggris terbaik di Kampung Inggris Pare, yang kini telah membuka cabang di kota Jogjakata, dengan fokus kepada persiapan TOEF dan IELTS untuk keperluan study abroad, dan beasiswa ke luar negeri. Titik Nol English Course telah terbukti sukses mengantarkan tutor dan alumninya mendapatkan pendidikan di luar negeri. Titik Nol English Course Jogjakarta memiliki dua program kursus TOEFL/IELTS, yaitu sebagai berikut:

TOEFL/IELTS Preparation

Program ini cocok bagi yang kamu yang belum pernah mengambil program kursus TOEFL/IELTS. Program ini berisi materi-materi tes tOEFL/IELTS dari semua aspek yang diujikan. Selain itu kamu akan diberikan tips dan trik dalam mengerjakan TOEFL/IELTS agar mendapatkan skor yang tinggi.

TOEFL/IELTS Scoring

Program ini cocok bagi kamu yang sudah pernah mengambil program TOEFL/IELTS Preparation. Program ini lebih banyak berisi simulasi tes TOEFL/IELTS, kamu akan diberikan latihan-latihan soal serta pembahasannya, agar kamu semakin terbiasa dengan tes IELTS dan menguasai soal-soal dalam tes TOEFL/IELTS.

Kamu akan dibimbing oleh tutor yang berpengalaman dan bersertifikasi internasional. Dengan kurikulum yang terintegrasi, kamu akan belajar semua aspek TOEFL/IELTS setiap harinya agar pembelajaranmu semakin maksimal. Akan ada simulasi gratis yang bisa kamu ikuti setiap hari Sabtu sebagai evaluasi dan latihan untuk meningkatkan kemampuanmu. Kamu juga akan mendapatkan beragam vasilitas menarik, serta bonusnya, pastinya harganya terjangkau. Jadi, persiapkan TOEFL dan IELTS-mu di Titik Nol English Course Jogjakarta, dan susul ratusan alumni kami di kampus terbaik di luar negeri.

1 thought on “Beasiswa LPDP Dalam Negeri”

  1. Pingback: Beasiswa S1 Engineering di Jepang - Titik Nol English Jakarta

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

×