fbpx

Skill untuk Bersaing di Dunia Kerja 2023

Skill untuk Bersaing di Dunia Kerja

jogja.titiknolenglish.com (Skill untuk Bersaing di Dunia Kerja 2023) – Hallo TNers Jogja! Bagi kamu yang masih duduk di bangku kuliah ataupun sudah lulus kuliah pastinya akan terbayang bahwa kita akan terjun ke dunia profesional. Coba sejenak kita berfikir ada berapa jumlah mahasiswa di Indonesia atau di kota kamu, dan berapa banyak lulusan kampus per tahunnya? Pastinya berjumlah ribuan sedankan lapangan kerja yang tersedia juga terbatas.

Hal ini mengharuskan kita menjadi orang yang terbaik sehingga bisa bersaing di dunia kerja. Namun, kamu tidak perlu khawatir karena artikel ini akan menjelaskan skill-skill penting yang perlu kamu kuasai untuk bersaing di dunia kerja. Skill-skill ini bisa kamu kembangkan sejak sekarang, apalagi jika kamu masih duduk di bangku pedidikan, maka kamu masih memiliki banyak waktu untuk mengembangkan diri.

Berikut beberapa tips mengenai skill untuk bersaing di dunia kerja 2022 yang perlu kalian kuasai, simak sampai habis ya:

Baca juga: Tempat Tes TOEFL di Jogjakarta

1. Skill Adaptasi

Banyak aspek dalam kehidupan yang berubah paska adanya pandemi corona virus atau yang lebih kita kenal sebagai pandemic covid 19, tak terkecuali di dunia kerja, perubahan paling drastis yang terjadi ketika pandemi covid 19 dalam dunia kerja adalah perubahasan sistem kerja di kantor menjadi WFH (work from home). Oleh karenanya skill beradaptasi merupakan kemampuan penting yang harus dimiliki guna dapat menyesuaikan dengan perubahan-perubahan yang akan selalu datang.

2. Berpikir Kritis

Kemampuan selanjutnya yang kiranya akan sangat berguna untuk bersaing di dunia kerja setelah adanya pandemi covid 19 adalah kemampuan berpikir kritis, keterampilan berpikir kritis merupakan sebuah kemampuan dimana seseorang mampu memahami hubungan logis antara ode, argumen ataupun kesalahan dalam penalaran. Sehingga menghasilkan keputusan yang baik dan tepat. Pola pikir kritis sangat berguna guna melihat masalah dengan berbagai perspektif, mampu menghadapai masalah dan melihat peluang baru, mereka yang memiliki pola pikir kreatif cenderung lebih mandiri dan pastinya dapat diandalkan.

3. Basic Computer Software

Keahilan dasar computer software merupakan kemampuan dasar komputerisasi yang seringkali dibutuhkan di dunia kerja seperti kemampuan menjalankan software, Microsoft seperti MS. Word, Excel, dan Powerpoint. Pada kehidupan yang semakin moderen seperti saat ini kalian akan sering berhadapan dengan software komputer tersebut dalam keseharian pekerjaan sehingga kamu harus tau dasar-dasar penggunaannya agar menambah skill untuk bersaing di dunia kerja.

4. Komunikasi

Untuk kalian yang masih fresh graduate, sebagian besar dari kalian mungkin telah mempersiakan salah satu skill untuk bersaing di dunia kerja yang satu ini, ketika kalian mengikuti banyak kegiatan-kegiatan seperti mengikuti organisasi. Memiliki kemampuan komunikasi yang baik dapat mempermudah menyelesaikan perkerjaan. kebanyak perusahaan pasti akan mencari kandidat yang memiliki kemampuaan komunikasi yang mumpuni. baik secara verbal maupun nonverbal. Jika kalian merasa keterampilanmu yang satu ini masih kurang, kalian masih bisa mengasahnya baik secara autodidak maupun dengan bantuan kursus dan lain sebagainya.

5. Kemampuan Berbahasa Inggris

Seiring dengan berkembangnya informasi dan teknologi saat ini, membuka sebuah kesempatan baru berupa komunikasi gelobal. Saat ini kita dapat berinteraksi dengan seluruh orang di dunia baik dari dalam dan luar negeri. Tanpa didasari dengan kemampuan bahasa Inggris yang baik, kita akan kesulitan menyesuaikan diri dengan pesatnya perkembangan informasi dan teknologi. Dengan menguasai bahasa Inggris nantinya akan mempermudah kita dalam berkomunikasi, Dan yang pasti merupakan salah satu skill untuk bersaing di dunia kerja, kesempatan tersebut akan lebih terbuka lebar apabila kalian memiliki sertifikat TOEFL ataupun IELTS.

Contoh: digital marketing dan programming merupakan salah satu profesi baru yang saat ini diminati oleh banyak kaum muda. Akan tetapi dalam prosesnya banyak dari anak-anak muda tersebut merasa kualahan karena sebagian besar istilah-istilah yang ada di profesi tersebut menggunakan bahasa Inggris. Skill teknis yang mumpuni ditambah penguasaan bahasa Inggris yang mumpuni nantinya akan sangat membantu kalian dalam persaingan di dunia kerja. baik itu pekerjaan dari dalam atau luar negeri yang dapat diakses secara mobile dari rumah.

6. Kreativitas

Kreativitas merupakan kemampuan yang dapat memberikan nilai tambah untuk mereka di dunia kerja, perusahaan pastinya menginginkan karyawannya yang mimiliki daya pikir kreatif dan inovatif. Dapat berpikir out of the box dan nantinya dapat berimbas positif terhadap lajunya perusahaan.

7. Bekerja Secara Tim Maupun individu

Salah satu skill untuk bersaing di dunia kerja yang ke tujuh yaitu kemampuan bekerja secara tim maupun individu. Di dunia kerja kalian bisa saja ditempakan dalam sebuah tim atau bekerja mandiri. Oleh karenanya, diperlukan fleksibilitas untuk bisa menerapkan skill yang satu ini. Apabila kalian bekerja secara tim kalian akan bertemu banyak orang dengan karakter dan sudut pandang yang berbeda-beda. Oleh karenanya penting kiranya memiliki kemampuan bekerja secara tim maupun individu dengan baik.

Itu tadi TNers mengenai Skill untuk Bersaing di Dunia Kerja 2023, yang mungkin mulai hari ini bisa mulai kalian persiapkan, agar nantinya kalian dapat diterima bekerja ditempat yang nyaman yang kalian cita-citakan.

Untuk kalian yang ingin lebih percaya diri berbicara bahasa Inggris, kalian bisa mendaftarkan diri ke Bright English Kampung Inggris. Untuk kalian yang sedang mempersiapkan tes TOEFL dan IELTS atau sama sekali belum mengenal mengenai tentang kedua tes bertaraf internasional tersebut, kalian bisa langsung daftarkan diri ke Titik Nol English Course. Titik Nol English Course merupakan salah satu lembaga kursus terbaik yang memiliki spesialisasi bidang TOEFL dan IELTS. Titik Nol English Course telah hadir di Jogjakarta, Titik Nol English Course memiliki program TOEFL dan IELTS Preparation dan TOELF, IELTS Skoring yang bisa kamu ikuti secara offline maupun online. Dengan harga yang terjangkau dengan fasilitas dan bonus menarik. Jadi, tunggu apa lagi. persiapkan TOEFL dan IELTS-mu di Titik Nol English Course sekarang juga!

baca juga: Kursus Bahasa Inggris Terbaik di Jogjakarta

1 thought on “Skill untuk Bersaing di Dunia Kerja 2023”

  1. Pingback: Beasiswa S2 dalam Negeri untuk PNS - Jakarta Titik Nol English Course

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

×